close
*** MASUKAN HTML WIDGET/IKLAN/GAMBAR/DSB DISINI***

Wisata

Pulau di Sumatera Barat yang Dibilang Mirip Raja Ampat

Pulau di Sumatera Barat yang Dibilang Mirip Raja Ampat

Pulau Pasumpahan di Sumatera Barat, memiliki pantai dengan perairan hijau toska. Jika mendaki ke atas bukit dan melihat pulaunya dari atas, banyak yang bilang terlihat mirip Raja Ampat.

Di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang masih berada di wilayah Kota Padang terdapat sebuah pulau kecil yang sangat indah dan eksotis, pulau tersebut adalah Pulau Pasumpahan.

Untuk mencapai Pulau Pasumpahan wisatawan bisa mengikuti paket wisata ke Pulau Pasumpahan yang banyak tersedia di Bungus. Jika ingin hemat maka kita bisa ke pulai ini melalui Sungai Pisang, dari sini Pulau Pasumpahan sangat dekat, hanya 10 menit perjalanan menggunakan kapal bermesinkan 15 PK, ongkosnya hanya Rp 35 ribu untuk antar jemput ke pulau namun ini belum termasuk uang kebersihan pulau sebesar Rp 15 ribu.

Pulau Pasumpahan memiliki pantai dengan pasir putihnya halus dan lembut, tak jauh dari bibir pantainya terdapat terumbu karang yang kondisinya masih terjaga. Pohon kelapa tumbuh sangat subur di pulau ini, saking banyaknya terdapat rambu bertuliskan 'awas kelapa jatuh'.

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang dengan baik seperti keberadaan pondok-pondok untuk berteduh, lapangan voli pantai, warung, serta kamar bilas. Bagi yang ingin kemping di sini juga diperkenankan, terdapat camping ground yang mampu menampung banyak tenda bagi pecinta alam yang hendak bermalam disini.

Selain santai menikmati semilir angin pantai, berenang dan snorkeling. Masih ada satu kegiatan lagi yang bisa dilakukan di pulau ini yaitu trekking ke puncak bukit yang berada di sebelah sisi utara. Tinggi bukit tersebut hanya 100 meter namun untuk menggapainya bukanlah perkara mudah karena yang harus dihadapi pertama kali di titik awal pendakian adalah tebing dengan kemiringan sekitar 70 derajat.

Untuk mempermudah wisatawan yang hendak ke puncak pihak pengelola telah menyediakan tali webbing, kemampuan webbing tersebut terbatas hanya untuk 3 orang sekali naik, jadi jika sedang ramai yang hendak ke puncak, pengunjung harus antri.

Setelah tanjakan pertama, masih ada tanjakan kedua, kali ini tanjakannya relatif lebih mudah namun kondisinya yang terbuka membuat terik matahari sangat terasa membuat kita menjadi cepat lelah dan haus, peluh pun bercucuran namun semua itu akan terbayarkan ketika melihat pemandangan di puncak bukit ini.

Banyak yang mengatakan panoramanya sebanding dengan Raja Ampat di Papua. Pulau dengan pasir putih, pohon kelapa yang rimbun serta gradasi perbedaan warna air laut begitu memikat mata siapapun yang memandangnya. Terdapat spot terbaik untuk mengabadikan diri di puncak bukit ini.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak pengunjung pulau ini yang memberanikan diri ke puncak bukit untuk menyaksikan keindahan panorama Pulau Pasumpahan namun hal ini tidak diiringi dengan menjaga keindahan puncak tersebut karena masih banyak oknum wisatawan yang tidak peduli dengan kebersihan, di sini banyak sampah yang didominasi oleh botol air mineral dan bungkus sisa makanan. Marilah menjadi wisatawan yang baik dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena sangat disayangkan jika suatu tempat yang indah harus dirusak karena banyaknya sampah.

Tags :#hiburan

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :